Rabu 26 Juli 2017
Home / 3 ter / 3 Masjid Paling Megah di Dunia

3 Masjid Paling Megah di Dunia

BeritaTerkini.id > Masjid adalah tempat beribadah untuk orang islam atau muslim. Selain untuk beribadah masjid juga bisa dijadikan sebagai tempat bermusyawarah, berdakwah, dan mengaji. Masjid memiliki ukuran yang paling besar, ukuran yang lebih kecil sering dinamakan mushola, langgar, atau surau. Indonesia sendiri memiliki masjid megah  yaitu masjid Istiqlal di Jakarta. Selain itu di dunia ini banyak masjid  megah dan indah. Berikut 3 masjid termegah di dunia.
1. Masjid Al-Haram

Masjid-Al-Haram-300x225Masjid Al-Haram

Masjid Al-Haram atau Masjidil Haram adalah sebuah masjid di kota Mekkah  yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah, yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah salat. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar di dunia.
Menurut hadits shahih, satu kali salat di Masjidil Haram sama dengan 100.000 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha. Satu kali salat di Masjid Nabawi sama dengan 1.000 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha. Adapun satu kali salat di Masjidil Aqsha sama dengan 250 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Seluruh umat islam diperintah untuk memalingkan wajahnya/hatinya ke arah masjidil haram dimanapun berada, hal ini di perkuat dengan surah al-Baqarah ayat 149 dan 150. Perintah ini hampir sama derajatnya dengan perintah Allah yang lain seperti halnya melakukan sholat, zakat, puasa, dan haji sebagai wujud hati yang terikat dan ingat kepada Allah dalam segala hal di kehidupan  duniawi ini.

2. Masjid Al-Nabawi

masjid-nabawi-2-300x225Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah SAW, setelah Masjid Quba. Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah SAW  tiba di Madinah. Masjid ini juga menjadi tempat makam beliau dan para sahabatnya. Masjid Nabawi  merupakan Masjid terbesar ke-2 di dunia, setelah Masjidil Haram di Mekkah. Masjid Nabawi dapat menampung kira-kira 535.000 jemaah.
Salah satu bagian Masjid Nabawi terkenal dengan sebutan Raudlah (= taman surga). Doa-doa yang dipanjatkan dari Raudlah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah SWT Raudlah terletak di antara mimbar dengan makam (dahulu rumah) Rasulullah SAW Diterima dari Abu Hurairah, bahwa Nabi SAW bersabda (yang artinya): “Tempat yang terletak di antara rumahku dengan mimbarku merupakan suatu taman di antara taman-taman surga, sedang mimbarku itu terletak di atas kolamku.” (Riwayat Bukhari).

3. Masjid Hassan II

Masjid-Hasan-II-300x225Masjid Hasan II

Masjid Hassan II  merupakan ikon kota Casablanca, adalah masjid terbesar ketiga di dunia setelah Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini mulai dibangun tahun 1980, didesain oleh arsitek berkebangsaan Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Masjid ini memiliki minaret atau menara yang merupakan salah satu menara paling tinggi di dunia dengan ketinggian 210 meter (689 kaki) dan memiliki kapasitas 25.000 orang. Ditambah lagi dengan pelataran yang mampu menampung 80 ribu jemaah.

Masjid Hassan II dibangun menjorok ke Samudra Atlantaik sehingga membuatnya terlihat seakan-akan berada di tengah laut layaknya sebuah masjid yang benar-benar terapung. Masjid ini mendapat julukan sebagai masjid terapung terbesar di dunia. Masjid megah ini kini menjadi penanda kota Casablanca. Arsitektur masjid Hassan II sangatlah indah. Sebuah tim besar para maestro pengukir dipekerjakan khusus untuk menangani proyek pembangunan masjid ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk membangun masjid ini adalah bahan-bahan terpilih berupa kayu-kayu cedar dari kawasan Atlas, batu pualam dari pegunungan Agadir dan batuan granit dari Tafroute.

Sumber:
http://kopihijau.info/
https://id.foursquare.com/v/raudah-masjid-alnabawi/
http://id.wikipedia.org/wiki/
http://wisatamaroko.blogspot.com/2011/11/