Selasa 21 November 2017
Home / 3 ter / 3 Pelabuhan Kapal Terbesar di Dunia

3 Pelabuhan Kapal Terbesar di Dunia

BeritaTerkini.id > Berikut adalah 3 pelabuhan terbesar di dunia. Penetapan ‘terbesar’ dalam postingan ini berdasarkan kapasitas penanganan port diukur dalam hal TEU (Twenty-foot Equivalent Unit).  The Twenty-Foot Equivalent Unit (TEU) merupakan unit eksak kapasitas kargo yang sering digunakan untuk menggambarkan kapasitas kapal kontainer. Satu TEU merupakan kapasitas kargo kontainer standar, dengan panjang 20 kaki  dan lebar 8 kaki.  Selain terbesar, pelabuhan laut berikut ini dinilai sebagai pelabuhan yang tersibuk di dunia.

1.    Pelabuhan Shanghai (Cina)

shanghai-port-300x195Pelabuhan Shanghai

Pelabuhan Shanghai memiliki total lima wilayah kerja. Pelabuhan Shanghai menjadi pelabuhan terbesar di dunia, melebihi pelabuhan Singapura. Pelabuhan Shanghai adalah yang terbesar di daratan Cina. Dimulai pada tahun 1980, kapasitas penanganan barang tahunan melampaui 100 juta ton. Pelabuhan ini menangani 29,05 juta peti kemas ukuran 20 kaki  (twenty foot equivalent units/TEU) pada tahun 2010 dan 2011 serta meningkat terus hingga pada tahun 2012 menjadi tertinggi di dunia. Pelabuhan Shanghai  berperan sebagai sebuah pelabuhan laut sekaligus pelabuhan sungai. Pelabuhan Shanghai adalah sumber aktivitas ekonomi yang besar di daerah Sungai Yangtze yang telah membantu  status ekonomi wilayah seperti Zhejiang, Jiangsu dan Henan  jauh lebih baik.

Shanghai telah menjalin hubungan bisnis dengan sekitar 1.100  pelabuhan di lebih dari 200 wilayah di berbagai negara.  Pengelolaan pelabuhan ini diserahkan kepada Shanghai International Port (Group) Co. Ltd. (SIPG), perusahaan publik yang sahamnya dimiliki pemerintah Kota Shanghai sebesar 44,23%. Perusahaan ini mempekerjakan orang-orang terbaik dan berkomitmen kuat untuk memajukan pelabuhan Shanghai. Hasilnya, saat ini pelabuhan Shanghai sangat vital dalam transportasi di daerah sungai Yangtze dan gerbang paling penting dalam perdagangan internasional. Melayani daerah sekitarnya dengan penduduknya yang padat, daerah industri yang kuat dan sektor pertanian yang maju.

2. Pelabuhan Ningbo-Zhoushan (Cina)

Ningbo-Zhoushan-China-300x178Pelabuhan Ningbo Zhoushan

Pelabuhan laut ini sebenarnya merupakan gabungan dua pelabuhan lama, yaitu Ningbo Port dan Zhoushan Port. Penggabungan dilakukan pada tahun 2006 untuk memudahkan pengelolaan perairan di dalam satu koordinasi pelabuhan laut. Sinergi logistik dan strategis diciptakan oleh penggabungan pelabuhan tersebut dan terasa dampaknya yaitu dapat mempercepat pembangunan ekonomi khususnya di Delta Sungai Yangtze. Menurut data statistik dari instansi yang berwenang MOT, Ningbo port-Zhoushan menangani total 570 juta ton kargo pada tahun 2009 dan setiap tahunnya semakin meningkat. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan 10% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pelabuhan Ningbo sendiri senantiasa masuk ke dalam peringkat 10 besar pelabuhan laut di dunia. Dengan penggabungan dan kemajuan yang cukup pesat tersebut,  bahkan keberadaan pelabuhan ini mampu menggeser posisi Port of Singapore (pelabuhan Singapura). Pelabuhan Ningbo-Zhoushan sekaligus mengakomodasi angkutan laut untuk tiga sungai utama, yaitu Sungai Yangtze, Sungai Yong, dan Sungai Qaintang. Hingga saat ini, pelabuhan tersebut masih dalam tahap perluasan dan renovasi yang akan rampung pada tahun 2014 nanti.

3.    Pelabuhan Singapura (Singapura)

Singapore-Singapore-300x225Pelabuhan Singapore

Pelabuhan Singapura sebenarnya merupakan pelabuhan laut paling besar dan paling sibuk di kawasan Asia Tenggara. Dalam rangking dunia, Port of Singapore senantiasa menempati peringkat kedua dan ketiga sejak tahun 2008. Hebatnya lagi, Singapura merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah paling kecil. Pelabuhan Singapura terhubung dengan sebanyak 600 pelabuhan di seluruh dunia dan ada sebanyak lebih dari 100 negara yang berhubungan dengan pelabuhan laut Singapura.

Pelabuhan ini juga difungsikan untuk mengelola kargo minyak di mana terdapat sebanyak hampir 50% minyak mentah dunia transit di Singapura. Dalam hal penanganannya, pelabuhan kapal menangani seperlima dari kontainer kargo global dan bertanggung jawab untuk transit hampir 50% dari pasokan minyak mentah global. Produktivitas dicapai berkat sempurnanya infrastruktur, suprastruktur, infrastruktur lunak, serta manajamen dengan visi dan komitmen yang kuat. Hal yang paling fundamental dari sempunanya pelabuhan Singapura adalah dipekerjakannya orang-orang terbaik negeri itu dalam Maritime and Port Authority of Singapore (MPA). Pelabuhan Singapura bisa tumbuh karena desain transportasi laut yang baik oleh Lee Kuan Yew.

References:
http://www.forbes.com/2010/06/07/containers-ports-trade-business-logistics-shipping.html
http://www.marineinsight.com/marine/top-10-biggest-ports-in-the-world-in-2011/
http://www.china.org.cn/english/features/60815.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/World%27s_busiest_port
http://www.geohive.com/charts/ec_ports.aspx
http://www.smithsonianmag.com/ideas-innovations/interactive-the-50-largest-ports-in-the-world.html
http://morethanshipping.com/the-top-five-busiest-ports-in-the-world/
http://www.indexmundi.com/blog/wp-content/uploads/2013/05/worlds-50-largest-ports.png
http://www.informare.it/news/gennews/2013/20131136-porti-cinesi-traffico-giugno-2013uk.asp
http://www.zhafir.com/cn/advantage_online/?tabdbadv_id=36
http://www.joc.com/port-news/asian-ports/port-ningbo