Rabu 26 Juli 2017
Home / Lifestyle / Kesehatan / 12 TIPS Mencegah Diabetes

12 TIPS Mencegah Diabetes

Bagaimana Cara Mencegah Diabetes ?

Seperti yang anda ketahui bersama, diabetes atau penyakit kencing manis adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh seluruh umat manusia. Penyakit ini sangatlah berbahaya bila anda tidak segera tangani. Untuk itu, ikuti tips-tips ringan berikut ini dalam upaya mencegah penyakit diabetes.

1.Selalu Sarapan

Ternyata jarang sarapan di pagi hari dapat memicu terjadinya diabetes. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang jarang sarapan cenderung memiliki kadar gula darah tinggi. Naah, makanya jangan lupa sarapan!

2.Rutin berolahraga (Bergerak)

Terlalu malas bergerak dan berolahraga dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Sebaliknya, rutin berolahraga dan bergerak dapat menurunkan kadar gula  darah dan sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin. Berjalan kaki juga sehat bagi Anda. menurut penelitian, rutin berjalan kaki dapat menurunkan resiko diabetes.

3.Konsumsi Kayu Manis

Herbal yang satu ini ternyata sangat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, tak ada salahnya anda selalu siapkan kayu manis dalam jumlah yang cukup. Bila ingin membuat minuman yang sehat, kami sarankan untuk mencelupkan kayu manis kedalam minuman anda sebagai upaya menurunkan kadar gula darah.

4.Mengkonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur penting bagi tubuh kita. Vitamin dan mineralnya sangat diperlukan. Selain itu, buah dan sayur dapat memperlancar aliran darah dan mencegah kerusakan pembuluh darah. Dan lagi, buah dan sayur dapat meningkatkan metabolisme tubuh termasuk menjaga tingkat gula darah. Maka dari itu, ubah kebiasaan ngemil anda. Hijrahlah dari camilan yang tidak sehat seperti gorengan, dll menuju ke camilan yang sehat, yakni buah-buahan.

5. Hindari Minuman Bersoda

Anda gemar minuman bersoda ? Sprite, Fanta, Coca Cola, Big Cola dan sejenisnya? Berhentilah! sebab, minuman bersoda tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Gantilah dengan air putih. Sehat. Hemat. Air putih dapat meningkatkan metabolisme dan mengontrol gula darah. Minumlah sedikitnya 8 gelas sehari.

6. Kurangi dan Hindari Minuman Manis

Bila kondisi gula darah anda normal, maka anda masih boleh mengkonsumsi minuman manis (dengan gula pasir) dalam takaran yang sedikit. Namun jika gula darah anda sudah diatas batas normal, maka anda harus menghindari minuman manis sama sekali. Demi kesehatan anda. Gantilah dengan air putih. Sehat. Hemat.

7.Hindari Stres

Stress ternyata dapat meningkatkan hormon di dalam tubuh yang dapat menaikkan kadar gula darah (glukosa). Oleh sebab itu, tak ada alasan untuk anda memelihara stress berlama-lama, karena dapat membuat anda mengidap diabetes. Ingatlah, orang hidup pastilah selalu dihantam masalah. Tak perlu stress. Hadapi dan selesaikan masalah secara dewasa. Cara terbaik meredakan stress adalah membaca Al Qur’an. Penelitian menyebutkan bahwa membaca Al Qur’an dapat mengkondisikan hati dan otak kita menjadi rileks, tenang dan sehat. Cara membaca Qur’an  terbaik adalah dengan berwudhu terlebih dulu. Lalu duduk dengan tenang. Baca Taawudz. Lalu Bacalah  dengan tenang. Tidak tergesa-gesa. Baca dengan suara sedang. Tidak terlalu keras. Tidak terlalu pelan. In sya Allah kesehatan anda meningkat pesat. Bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga kesehatan jiwa.

 

8. Cukupi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D sangatlah penting dan mutlak dibutuhkan oleh tulang Anda. Selain itu, Vitamin D juga penting dalam mengontrol kadar glukosa tubuh. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin D secara cukup. Dan juga berjemurlah dibawah sinar matahari pagi sebelum jam 8 pagi untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian.

 

9.Menjaga Pola Tidur Sehat

Penuhi hak tubuh anda untuk beristirahat. Yakni 8 jam per hari. Kurang tidur dapat merusak proses metabolisme tubuh. Kurang tidur juga  merangsang rasa lapar sehingga Anda cenderung makan lebih banyak. Ini berakibat pada naiknya kadar gula darah tubuh anda. Untuk itu, terapkanlah pola tidur yang sehat. Tidurlah segera sebelum jam 21.00 malam. Anda sulit tidur jam tersebut? Terapkanlah tips ini. Sebelum berangkat tidur, Gosok gigi dan berwudhulah. Lalu baca Al Qur’an sebentar sampai kantuk adan terasa semakin berat. Lalu berdoa. Ber istighfar sambil mengingat-ingat dosa sehari ini. In sya Allah tidur anda akan pulas, dan sehat. Sehat Jasmani. Sehat Rohani.

 

10.Berhenti Merokok

Ternyata merokok tidak hanya menyebabkan penyakit kanker, jantung dan impotensi. Namun juga menyebabkan penyakit diabetes. Untuk itu, berhentilah merokok dan hindari asap rokok. Bila ada yang merokok di area yang terlarang, ingatkanlah baik-baik. Untuk kepentingan orang banyak, anda harus berani mengingatkan sesuatu yang salah.

 

11.Hindari Obesitas

Kegemukan atau obesitas adalah sumber penyakit, terutama penyakit jantung dan diabetes. Maka dari itu, bagi anda yang sudah terlalu gemuk, ambil tindakan. Normalkan berat badan anda. Dan bagi anda yang sudah normal, jaga terus, jangan sampai overweight.

 

12.Hindari Makanan Berlemak

Anda penggemar gorengan? Berhati-hatilah. Gorengan adalah makanan yang mengandung lemak tinggi. Penyebab kolesterol dan diabetes. Sebaiknya ubahlah hobi anda dari gorengan menjadi rebusan (makanan yang direbus). Ini lebih sehat bagi tubuh Anda.