Memimpikan menjalankan usaha kecil di rumah sebenarnya bisa dimulai dengan modal pinjaman dana yang terjangkau. Menjalankan usaha sendiri dianggap lebih berpeluang dapatkan keuntungan finansial lebih besar dibandingkan bekerja kepada orang lain atau melamar pekerjaan di perusahaan.

Kini, modal bukan lagi menjadi kendala karena usaha apapun di rumah bisa dimulai dengan modal kecil dengan pembiayaan yang mudah. Misalnya dengan mengajukan pinjaman dana melalui perusahaan pinjaman online hanya lewat aplikasi saja.

Tidak harus semua modal berasal dari pinjaman. Bisa juga dari sebagian tabungan. Sementara sisanya barulah bisa mengandalkan pinjaman untuk usaha. Setelah itu fokus menjalankan dan membesarkan usaha yang sudah lama diimpikan.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil dari rumah. Apa saja? Simak daftarnya.

  1. Kerajinan tangan

Tidak sedikit yang memiliki kemampuan dan keterampilan membuat kerajinan tangan yang indah dan kreatif. Potensi inilah yang bisa dijadikan ide usaha dengan modal kecil. Misalnya membuat kerajinan tangan untuk souvenir pernikahan, wisuda, hingga souvenir untuk acara kantor.

  1. Warmindo

Warung kopi bukan sekadar tren tapi sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat. Warung kopi biasanya sudah menyatu dengan warung Indomie atau disingkat dengan warmindo. Selain menyediakan kopi dan Indomie, sajikan paling khas adalah tersedianya bubur kacang ijo pada pagi hari sebagai teman sarapan.

Potensi usaha ini masih cukup berpeluang untuk dijalankan apabila belum ada saingan. Umumnya para pekerja kelas menengah ke bawah masih tetap mengandalkan warmindo sebagai tempat nongkrong, berdiskusi, bercengkrama, hingga tempat bermain catur.

  1. Warung minuman segar

Bisnis minuman sama halnya seperti bisnis makanan. Selalu ada tren baru setiap tahunnya. Modal membuat usaha minuman segar pun bisa dijajakan dari depan rumah. Misalnya di teras rumah atau di garasi.

Dengan modal sekitar Rp200 ribu saja sebenarnya kamu sudah bisa membuka usaha minuman segar. Apalagi kini sudah banyak pilihan aneka jenis minuman mulai dari kopi, thai tea, milk tea, jeruk peras, lemon peras, hingga juice segar.

Secara kasar jika berhasil menjual 30 cup per hari dengan keuntungan sekitar Rp3000 rupiah saja, artinya kamu sudah bisa mengantongi keuntungan bersih sekitar Rp750 ribu per bulan. Bahkan bisa balik modal hanya dalam waktu beberapa minggu saja. Menarik bukan?

  1. Laundry kiloan

Usaha laundry kiloan sangat efektif dijalankan di tengah masyarakat urban yang pasangan suami istrinya bekerja. Karena pekerjaan itulah yang membuat mereka tidak memiliki waktu banyak untuk mencuci baju. Peluang laundry kiloan pun biasanya memasuki musimnya pada saat liburan panjang, libur lebaran, hingga liburan natal dan tahun baru.

Usaha kecil ini bisa dimulai dengan menggunakan mesin cuci yang ada. Setelah berkembang barulah bisa membeli mesin cuci dan mesin pengering yang memadai untuk meningkatkan layanan serta target harian agar lebih meningkat.

  1. Usaha cuci sepatu

Semakin sibuk seseorang ternyata akan semakin banyak peluang usaha yang bisa dibidik. Salah satunya adalah usaha cuci sepatu aneka jenis. Umumnya jasa usaha pencucian sepatu menerima sepatu casual, tetapi seiring dengan permintaan yang meningkat, hampir semua jenis sepatu bisa dicuci dengan bersih termasuk sepatu kulit yang dapat dicat ulang sehingga mengembalikan warna aslinya.

Usaha-usaha tersebut rata-rata tidak membutuhkan biaya atau modal besar untuk membukanya. Apalagi jika sudah ada tempat di rumah yang memadai. Modal yang ada, bisa dibelanjakan untuk melengkapi peralatan usaha. Jikapun sama sekali tidak ada modal, kamu bisa mengajukan pinjaman dana dari fintech tepercaya seperti Kredivo.

Pinjaman untuk modal usaha yang ditawarkan Kredivo adalah pinjaman tanpa DP. Tidak perlu khawatir mengajukan pinjaman melalui Kredivo, karena Kredivo sudah terdaftar di OJK dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018 atas nama PT FinAccel Digital Indonesia.

Pelajari Syarat Pinjaman Kredivo

Untuk bisa mengajukan pinjaman berbasis aplikasi ini, pastikan terdaftar dulu sebagai member Kredivo. Daftar lewat aplikasi dan penuhi persyaratan berikut sebelum mendaftar.

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi dan Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Setelah syarat tersebut terpenuhi, barulah unduh aplikasi Kredivo lewat App Store maupun Google Play Store untuk melakukan pendaftaran dengan langkah yang mudah.

Inilah Bunga Pinjaman Kredivo

Kredivo memberikan bunga pinjaman 2,95% per bulan. Bunga tersebut sangat terjangkau. Ada dua pinjaman yang ditawarkan yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Keduanya hanya berbeda di plafon saja meskipun pada dasarnya kredit limit yang diberikan Kredivo bisa mencapai Rp30 juta.

Ada biaya administrasi sebesar 6% hanya untuk produk pinjaman tunai saja. Baik itu produk pinjaman jumbo maupun pinjaman mini. Biaya administrasi ini hanya dikenakan satu kali, dihitung dari jumlah keseluruhan pinjaman dan akan dipotong di muka.

Misalnya untuk pinjaman sebesar Rp1 juta, maka biaya administrasi yang akan dipotong dari pinjaman adalah sebesar Rp60.000. Cukup rasional bukan? Apalagi pinjaman ini tidak perlu jaminan atau agunan.

Daftar sekarang lewat aplikasi Kredivo. Unduh aplikasinya secara resmi lewat situs Kredivo atau Google Play Store dan App Store.