6 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021

Siapa yang tidak kenal dengan bawang merah? Sebab, hampir semua masakan masakan Indonesia pasti menggunakan bumbu dapur ini. Bumbu dapur ini tidak hanya sedap dan kaya rasa saja. Ternyata, ada segudang manfaat bawang merah untuk kesehatan juga.

Kandungan Gizi Bawang Merah

Bumbu dapur dengan nama latin Allium cepa var ascalonicum (L) ini mempunyai bau khas yang bisa menyedapkan setiap masakan. Umumnya orang Indonesia mengolahnya dengan menggoreng atau menumisnya dengan sayuran.

Kegunaan bawang merah ini tidak hanya untuk penyedap rasa saja. Tetapi sebagai sumber nutrisi bagi tubuh juga. Sebab, tanaman umbi lapis ini mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, natrium, vitamin B1, B2,B3 dan C, serta nutrisi lainnya.

Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan

Berdasarkan nutrisi yang terkandung dalam bawang merah, berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin.

  1. Berpotensi Mencegah Kanker

Meski tidak diketahui penyebab aslinya, ahli kesehatan mengungkapkan bahwa faktor utama resiko kanker disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas ini akan merusak sel dan menyebabkan pertumbuhan yang tidak terkendali hingga membentuk tumor.

Salah satu cara untuk mencegah kanker adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi. ya, bawang merah terkenal kaya akan kandungan antioksidannya yang tinggi. sehingga berguna untuk melindungi sel dari kerusakan.

  1. Mengatasi Peradangan

Ketika tubuh terinfeksi zat asing, sistem imunitas akan mengeluarkan antibodi yang bisa melawan zat asing tersebut. Namun, sebagai efek sampingnya akan menghasilkan zat yang menyebabkan peradangan.

Jika peradangan ini dibiarkan, akan beresiko menimbulkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Sebab itulah, Anda harus mengkonsumsi makanan anti radang, seperti bawang merah.

  1. Mendukung Kesehatan otot dan Saraf

Kalium yang ada pada bawang merah sangat penting untuk tubuh. Sebab, senyawa ini berguna untuk mendukung kesehatan otot dan saraf supaya bisa bekerja dengan normal.

Dengan kesehatan otot dan saraf yang terjaga akan mempermudah Anda untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

  1. Berpotensi Meningkatkan Sistem Imun

Jika Anda sangat mudah terserang flu atau pilek, itu berarti ada yang bermasalah dengan sistem imun Anda. Sebab, penyakit tersebut disebabkan oleh zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Nah, sebagai langkah untuk pencegahan. Mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh sangat dianjurkan.

Berdasarkan jurnal Nutrient, kandungan vitamin C yang bisa Anda temukan pada bawang merah akan merangsang sel darah putih ke lokasi infeksi, membentuk antioksidan dan juga membunuh zat asing yang menginfeksi tubuh.

Selain itu, vitamin C juga berguna dalam meningkatkan respon sistem imun. Dengan begitu, akan meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh zat asing.

  1. Menyehatkan Tulang

Manfaat berikutnya dari bawang merah adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena kandungan kalium yang bisa Anda temukan pada bawang merah.

Selain itu, kalim juga berguna untuk merangsang pertumbuhan sel pada tulang baru, yang berguna untuk menggantikan sel tulang yang sudah rusak. Serta akan menjaga tulang tetap kokoh.

Selain kalium, nutrisi seperti tembaga, fosfor dan zat besi yang terkandung dalam bawang merah juga mempunyai manfaat yang serupa.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Bawang merah juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula pada aliran darah. Serta meningkatkan kadar hormon insulin pada tubuh. Dengan begitu, bawang merah sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

Itu dia enam manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi bawang merah secara rutin. Meskipun, bumbu dapur ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional, buat Anda yang mencari kualitas terbaik dan masih segar, ada baiknya Anda membelinya di TaniHub.

Sebab, TaniHub menyediakan berbagai produk hasil pertanian yang masih segar dan berkualitas serta diambil langsung dari petani Indonesia. Jadi tunggu apalagi untuk membeli bawang merah di TaniHub.