Beberapa Tips Membuat Oralit di Diarepedia dengan Mudah dan Cepat

  • 2 min read
  • Sep 15, 2021
Tips Membuat Oralit

Buang air besar (BAB) menjadi rutinitas harian yang normalnya terjadi pada setiap orang. Namun jika frekuensi BAB Anda menjadi lebih sering dalam kurun waktu sehari saja, maka sebaiknya Anda patut waspada. Karena buang air besar terlalu sering merupakan salah satu gejala dari diare.

Apalagi jika tinja yang dikeluarkan lebih encer seperti cairan atau bahkan berdarah. Diare menjadi salah satu penyakit yang bisa terjadi pada siapa saja. Umumnya diare terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terpapar virus, bakteri, ataupun parasit.

Saat sedang diare, banyak cairan tubuh yang hilang akibat buang air besar berkali-kali dengan tinja yang encer. Hal ini jika dibiarkan saja bisa menyebabkan dehidrasi pada penderitanya. Untuk mengembalikan cairan elektrolit tubuh yang hilang, maka sangat dianjurkan untuk minum oralit.

Oralit yang merupakan singkatan dari Oral Rehydration Solutions adalah cairan yang berguna untuk mengatasi dehidrasi akibat diare. Tidak seperti cairan lainnya, oralit mengandung rasio bahan-bahan yang diperlukan tubuh agar segera pulih dari diare.

Saat minum oralit memang tidak akan bisa menghentikan diare secara langsung. Namun dengan mengonsumsinya, maka akan sangat membantu sekali untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Sehingga diharapkan penderita diare tidak sampai mengalami dehidrasi maupun komplikasi lainnya yang lebih serius. Umumnya di dalam larutan oralit sudah mengandung 3 bahan, antara lain:

  • Air bersih yang sudah direbus,
  • Elektrolit atau garam, berguna agar tubuh bisa berfungsi kembali secara normal.
  • Karbohidrat (bisa berupa gula), berguna untuk membantu usus dalam menyerap cairan.

Digunakan saat diare, oralit biasanya ada yang dijual di apotek. Sehingga Anda bisa langsung membelinya dan menggunakannya sesuai kebutuhan. Jika Anda memilih untuk membeli oralit untuk membantu meringankan diare, sebaiknya baca dengan teliti untuk aturan pakai dan dosis yang dianjurkan. Sedangkan jika Anda berencana ingin membuatnya sendiri, maka tidak perlu khawatir. Karena berikut ini ada beberapa tips membuat oralit di Diarepedia yang bisa diikuti dengan mudah, yaitu:

  1. Pastikan tangan dalam kondisi bersih dengan mencucinya dengan air bersih dan sabun.
  2. Siapkan gelas atau wadah yang berisi untuk mencampur bahan-bahan yang digunakan.
  3. Siapkan air minum yang sudah direbus sebelumnya sebanyak 1 gelas, kemudian masukan dalam wadah atau gelas.
  4. Masukkan gula sebanyak 1 sendok teh dan garam seujung sendok teh ke dalam wadah yang sudah berisi air tadi.
  5. Aduk air yang sudah dimasukkan gula dan garam tadi hingga larut semuanya.
  6. Jika sudah larut, maka larutan oralit sudah siap untuk digunakan.

Itu tadi beberapa tips membuat oralit dari Diarepedia yang bisa Anda ikuti. Bagi Anda yang menderita diare, sebaiknya minum larutan oralit hingga tidak merasa haus. Jika setelah minum terasa ingin muntah, maka beri jeda waktu selama 10 menit.

Dan agar lebih enak untuk diminum, Anda bisa mencampur oralit yang sudah dibuat tadi dengan jus jeruk. Jika diare yang diderita hingga berhari-hari, maka Anda bisa membuat larutan oralit lagi agar bisa diminum terus. Dengan minum oralit selama diare, maka bisa mencegah dehidrasi. Terutama jika diare terjadi pada anak-anak.

Selain minum oralit, kurangi gejala yang timbul saat diare, seperti perut mulas, kembung, dan sering buang air besar dengan minum obat Entrostop. Entrostop hadir dalam 2 varian, yaitu Entrostop Tablet dan Entrostop Herbal Anak. Untuk Entrostop Tablet bisa digunakan untuk mengatasi diare pada orang dewasa.

Sedangkan Entrostop Herbal Anda lebih ditujukan untuk membantu menyembuhkan diare pada anak-anak. Pastikan sebelum minum obat Entrostop, Anda sudah membaca petunjuk pemakaian dan dosisnya.