Cara Meningkatkan Sistem Imun Anak

  • 2 min read
  • Feb 25, 2020
Cara Meningkatkan Sistem Imun Anak

Pada umumnya, anak-anak itu mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk. Pasalnya, kedua penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang menyerang system imun tubuh. Mengingat daya tahan tubuh anak itu belum sekuat orang dewasa, maka tak heran juga jika mereka rentan terhadap penyakit flu dan batuk. Sebagai orang tua, tentu saja kita harus menjaga kesehatan si kecil dengan cara meningkatkan daya tahan tubuhnya. Lantas, bagaiamana caranya? Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut di bawah ini ada beberapa cara meningkatkan system imun anak yang harus bunda ketahui :

* Ajarkan Pada Anak Untuk Berolahara Secara Rutin dan Teratur

Cara pertama yang bisa bunda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, yakni dengan mengajaknya untuk berolahraga secara rutin dan teratur. Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata kegiatan olahraga juga dapat meningkatkan sel pembunuh kuman, menguatkan otot jantung, memperkuat tulang dan otot tubuh lho. Dalam hal ini, bunda tidak perlu mengajaknya olahraga yang berat-berat. Ya, pilih saja olahraga-olahraga ringan yang menyenangkan seperti jalan santai, bersepeda, berenang, dan jogging.

* Biasakan Untuk Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran memang kaya akan manfaat, yang salah satunya dapat menangkis serangan vius serta bakteri berbahaya. Berdasarkan dari hasil penelitian, cara yang paling efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh itu adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C. Pasalnya, vitamin C ini berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan produksi sel daah putih untuk melawan virus. Adapun mengenai beragam jenis sayur dan buah-buahan yang dianjurkan seperti dibawah ini:

 – wortel

– kacang hijau

– buah jeruk

– kacang-kacangan

– salad buah

– buah alpukat

– brokoli

– bayam

– strowberi

– susu

* Biasakan Untuk Mencuci Tangan Setelah Beraktivitas

Sejatinya, kebiasaan mencuci tangan setelah beraktivitas ini memang tidak berkaitan langsung dengan peningkatan daya tahan tubuh seseorang. Namun perlu bunda ketahui, bahwa rajin mencuci tangan setelah beraktivitas itu dapat mencegah kerusakan pada system imun anak lho. Oleh karena itu, bunda harus mengajari si kecil untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, baik itu sebelum maupun sesudah makan, setelah bermain di lua, hingga setelah memegang hewan peliharaan.

* Usahakan Untuk Mencukupi Waktu Tidur

Jangankan anak-anak, orang dewasa pun diwajibkan untuk mencukupi waktu tidurnya. Mengapa demikian? Pasalnya, tidur merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengumpulkan energy secara keseluruhan. Untuk bayi yang baru lahir dianjurkan tidur dengan durasi sekitar 18 jam per hari, balita 13 jam per hari, sedangkan anak pra sekolah membutuhkan 10 jam per harinya.

* Hindari Asap Rokok

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa asap dari rokok itu sangat tidak bersahabat untuk kesehatan tubuh. Ya, terlebih untuk anak-anak, yang daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi bunda untuk menjauhkan si kecil dari bahaya asap rokok.

* Mengonsumsi Suplemen Imun Anak

Cara mudah berikutnya yang bisa bunda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada anak, yakni dengan memberinya suplemen imun anak seperti Blackmores Kids.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? Nah, demikianlah ulasan singkat seputar beberapa cara untuk meningkatkan system imun pada anak, yang tentu saja harus bunda coba.