Cara Mudah Membuat Kubus dengan Menggunakan Kertas karton

  • BeritaTerkini
  • Jul 30, 2022
Cara Mudah Membuat Kubus

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan kubus? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan sebuah objek yang berbentuk kotak ini. Namun, masih banyak orang-orang yang belum paham mengenai definisi dari kubus itu sendiri.

Perlu diketahui, kubus merupakan bentuk tiga dimensi dengan 12 sisi serta 6 permukaan yang setiap sisinya berbentuk persegi. Kubus mempunyai setiap sisi yang disebut sisi panjang, sisi lebar, dan sisi tinggi. Dengan kata lain, ukuran semua sisi pada kubus mempunyai panjang yang sama.

Disamping itu, ia juga memiliki 6 permukaan yang semuanya tampil dalam betuk persegi. Itu sebabnya, mengapa cara menghitung volume kubus harus mengetahui dulu dimensi sisinya. Rumus dalam menghitung volume kubus, yakni volume = sisi x sisi x sisi.

Jadi, satuan volume merupakan satuan panjang kubik seperti milimeter kubik (mm3), sentimeter kubiik (cm3), meter kubik (m3), dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara membuat kubus dari karton? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Kubus Dari Kertas Karton

1. Persiapkan Semua Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum memulainya, tentu saja kamu harus mempersiapkan berbagai perlatan yang dibutuhkan seperti berikut:

  • Lem kertas
  • Penggaris
  • Pensil
  • Gunting
  • Kertas karton dengan ukuran sesuai keinginan

2. Mulai Menggambar Garis Jaring-jaring Kubus

Jika peralatannya sudah siap, ambil kertas karton tersebut kemudian buat gambar jaring-jaring kubus di atasnya. Supaya gambarnya tidak melengkung, sebaiknya kamu menggunakan penggaris.

Tak hanya itu, kamu juga harus memastikan tidak ada persegi yang terlewatkan. Setelah itu buatlah persegi kecil di bagian samping setiap sisi kubusnya. Pasalnya, bagian tersebut merupakan tempat bagi kamu utuk mengelem satu persegi ke persegi lainnya sehingga dapat membentuk kubus secara sempurna.

3. Guntinglah Gambar Kubus yang Sesuai Bentuknya

Apabila jaring-jaring kubusnya sudah selesai digambar, maka langkah berikutnya adalah memotong gambar yang sesuai garis. Kemudian ambil guntingnya, lalu gunting garis tersebut secara perlahan dan hati-hati. Setelah garis jaring-jaring tadi selesai digunting, silahkan lipat kerangka kubusnya yang mengikuti garis-garis.

4. Lakukan Pengeleman

Untuk langkah selanjutnya, siapkan lem kemudian oleskan pada bagian samping kubus yang hendak ditempelkan ke sisi kubus lainnya. Selesai.

Asal Usul Terciptanya Permainan Kubus Rubik

Kubus Rubik merupakan sebuah permainan teka-teki, dimana pada setiap sisinya memiliki Sembilan buah kotak berukuran kecil yang mengusung warna berbeda. Menurut informasi yang didapat, permainan Kubus Rubik ini ditemukan pertama kalinya oleh arsitektur asal Hungaria, yakni Erno Rubik pada tahun 1974 silam lalu.

Pada mulanya, Erno Rubik memanfaatkan benda kotak tersebut sebagai media atau alat untuk mengajari murid-muridnya dalam memahami objek tiga dimensi. Seiring dengan berjalannya waktu, Erno Rubik melakukan inovasi dengan menciptakan sebuah kubus yang bisa digerakkan secara mandiri tanpa membuat strukturnya berantakan.

Memasuki tahun 1975, akhirnya Erno Rubik berhasil membuat kubus yang bisa digerakkan bernama Magic Cube. Adapun mengenai percobaan produksi untuk pertama kalinya terjadi pada tahun 1977an yang dipasarkan di kawasan Eropa. Pagelaran kompetisi kubus rubik yang pertama kali oleh Guinness Book of World Records dilaksanakan di Munich, Jerman pada tanggal 13 Maret 1981. Kompetisi tersebut dimenangkan oleh Jury Froeschl, dimana berhasil menorehkan catatan waktu 38 detik setelah diacak sebanyak 40 kali.