Compression Joint – Salah Satu Metode Penyambungan Pipa HDPE

  • 2 min read
  • Jul 27, 2020
Compression Joint – Salah Satu Metode Penyambungan Pipa HDPE

Pernahkah Anda mendengar istilah compression joint? Mungkin belum! Nah, compression joint sendiri merupakan salah satu metode penyambungan pipa HPDE (High Density Polyethylene). Metode penyambungan pipa satu ini tidak membutuhkan alat khusus ataupun bahan perekat saat proses penyambungannya, melainkan hanya membutuhkan sambungan pipa atau dikenal dengan istilah fitting pipa dengan tipe mechanical joint.

Lantas, bagaimanakah cara menyambungkan pipa HDPE menggunakan metode compression joint ini? Yuk, langsung saja disimak penjelasannya! (source: pipaplastik)

  1. Lepaskan bagian aksesoris pada mechanical joint. Pertama, lepaskan terlebih dahulu aksesoris pada mechanical joint. Ini cukup penting dilakukan guna mempermudah penyambungan pipa HDPE yang akan dipasang. Biasanya, pada mechanical joint ini terdapat bagian-bagian aksesoris jenis lain, yang fungsinya saling berkaitan satu sama lain seperti rubber ring, union, dan compression joint.
  2. Bersihkan bagian ujung pipa. Setelah itu, jangan lupa untuk membersihkan bagian ujung pipa yang ingin diasambungkan. Pastikan ujungnya benar-benar bersih dan tidak ada debu maupun kotoran yang menempel. Tujuannya, agar proses penyambungan pipa bisa berjalan dengan lancar. Jika sudah dibersihkan, jangan lupa untuk mengukur kedalaman pipa dari jarak aksesoris yang akan digunakan untuk menyambungkan pipa.
  3. Pasang rubber ring dan union di bagian ujung pipa. Kemudian, pasang union dan rubber ring di bagian ujung tersebut. Kedua aksesoris ini memiliki peranan yang cukup penting, di mana union berfungsi sebagai pengikat pipa sehingga tidak akan mudah lepas ketika disambung dengan pipa lain. Sedangkan, rubber ring dijadikan sebagai antisipasi agar pipa tidak mudah bocor saat digunakan.
  4. Kencangkan aksesoris yang digunakan untuk menyambungkan pipa. Jika sudah memasang aksesoris pada ujung pipa, langkah selanjutnya adalah mengencengkan aksesoris tersebut. Kencangkan aksesoris sampai kedua sisi pipa yang disambung tersambung dengan baik. Dengan begini, tentu pipa tidak akan mudah lepas ketika disambungkan.

Mudah bukan menyambungkan pipa dengan metode compression joint ini? Meskipun demikian, sayangnya, metode penyambungan satu ini tidak bisa untuk semua produk pipa HDPE karena aksesorisnya yang terbatas. Biasanya, metode ini hanya bisa digunakan pada pipa berbentuk roll atau memiliki diameter 4 inch (110mm).

Nah, selain metode pemasangan compression joint, masih ada metode penyambungan pipa HPDE lainnya seperti Butt Fusion dan Electro Fusion.

So, Anda mau mencoba metode yang mana nih dalam penyambungan pipa HDPE? Share jawabannya, yuk!