Saat ini gaya hidup masyarakat perkotaan adalah tinggal di apartemen. Namun gaya hidup ini bukan hanya gengsi, masyrakat modern sekarang ingin yang lebih praktis. Keberadaan apartemen pun sekarang ada di pusat kota untuk mempermudah akses jalanan. Selain itu, apatermen mempunyai bermacam-macam fasilitas yang memanjakan penghuninya. Ada nilai positif dan negatif tingal di apartemen. Apa saja?

Nilai positif

Yang membuat keuntungan masyarakat perkotaan tinggal di apartemen adalah lokasi yang strategis dengan kantor sehingga jarak tinggal dengan kantor relatif dekat dan menghindari kemacetan di jalan. Selain itu, apartemen terdapat beberapa fasilitas seperti mini market, pusat kebugaran dan taman. Dan juga terdapat fasilitas lebih baik seperti kamera CCTV dan sekuriti sehingga keamanan terjamin. Dan juga pemeliharaan bulanan seperti laundry dan yang lain-lain untuk memudahkan dalam urusan pemeliharaan.

Nilai negatif

Biaya pemeliharaan bulanan yang setiap bulan harus dibayar dan relatif mahal. Karena biaya itu untuk membayar petugas sekuriti, kebersihan lingkungan, dan perawatan fasilitas umum apartemen. Dan sosialisasi antara penghuni satu dengan yang lain sangat jarang karena kesibukan bekerja menjadi kendala dalam bersosialisasi satu sama lain. Juga nilai apartemen turun seiring waktu karena factor usia gedung apartemen.

Apapun positif atau negatif, tinggal di apartemen tetap diminati oleh sebagian masyarakat yang mengutamakan kepraktisan dalam aktifitas sehari-hari. nah jika berencana dalam menyewa apartemen, ada beberapa factor untuk anda pertimbangkan sebelum menyewa yaitu :

Sesuaikan dengan kebutuhan anda

sebelum menyewa sebuah unit apartemen, carilah apartemen yang sesuai dengan budget. Karena budget ini berpengaruh tidak hanya untuk sewa bulanan saja namun biaya yang lain seperti maintence. Hitung secara detail seberapa banyak uang yang harus dipersiapkan dalam menyewa unit apartemen. Seperti di situs travelio.com, terdapat banyak unit apartemen sebagai patokan dalam memilih unit apartemen. Selanjutnya hitung biaya yang dikeluarkan saat akan pindah ke apartemen.

Susun skala prioritas

Dalam mempertimbangkan pemilihan apartemen, akses jalan harus di perhatikan. Pastikan akses apartemen dekat dengan aktifitas harian misalnya dekat dekat kantor, rumah sakit, transportasi umum, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sangat penting menentukan skala prioritas saat tinggal di sebuah apartemen. Jangan sampai mengeluarkan biaya lebih karena jauh dari akses jalanan karena tidak memikirkan skala prioritas. Malah yang di pikirkan hanya sekedar gengsi.

Cek unit dengan detail

Sebelum menentukan tinggal di apartemen, sebaiknya cek unit yang akan disewa seperti cek fasilitas di dalam ruangan, cek saluran air dan toilet apakah berfungsi dengan baik, lalu kelistrikan baik lampu, AC dan yang lainya. Setelah itu cek bagian lorong apartemen apakah terdapat alat pemadam kebakaran, tangga darurat, serta fasilitas pendukung lain untuk keamanan dan kenyaman dalam menyewa sebuah apartemen.

Perjanjian sewa apartemen

Jika akan menyewa sebuah apartemen, buatlah perjanjian sewa denga di pemilik. Isi perjanjian itu meliputi :

  • Harga sewa
  • Jangka waktu sewa
  • Biaya diluar harga sewa
  • Tanggung jawab terhadap kerusakan
  • Fasilitas yang diperoleh oleh penyewa

Surat perjanjian ini dibuat dua rangkap untuk kedua belah pihak masing-masing memegangnya. Adanya surat perjanjian ini sebagai bukti legal menghuni apartemen tersebut.

Itulah beberapa factor dalam memilih unit apartemen yang di sewa. Sebelum anda hendak menyewa perhatikan tips diatas sebagai bahan pertimbangan anda sewa apartemen. Namun jika anda bingung, anda bisa akses situs travelio.com untuk referensi anda dalam mencari tempat sewa apartemen sesuai kota yang anda inginkan.