KA Kalijaga yang Menghubungkan Solo dan Semarang

  • 2 min read
  • Aug 22, 2020
KA Kalijaga

Meski Semarang dan Solo merupakan kota tetangga, tidak bisa dipungkiri bahwa mereka jarang memiliki armada yang cepat untuk dibawa bepergian. PT KAI saat ini sedang mengembangkan kereta jarak pendek. Selain KA jarak pendek Purwokerto-Solo, terdapat juga jalur yang semakin memudahkan yaitu jalur Semarang ke Solo.

Memilih kereta api Kalijaga memang membuat lebih mudah bagi penumpang untuk mencapai tujuan mereka dalam waktu singkat. Meski begitu, tidak banyak wisata yang ditawarkan. Pasalnya, jalur KA Kalijaga sebenarnya adalah rangkaian KA Bengawan. Tentu saja, jika sesuatu menumpuk di satu melacak akan mendapatkan di jalan kereta api lainnya, atau akan sulit untuk mengatur ulang trek. Karenanya pemberangkatan dari kereta ini hanya sekali dalam sehari.

Jadwal Kereta Api Kalijaga

Jika Anda ingin segera tiba dengan kereta api dan sudah mendapatkan tanggal perjalanan Anda, pastikan jadwal kereta Kalijaga sudah diinformasikan sebelumnya dan Tiket Kereta Solo Semarang sudah anda pesan terlebih dahulu. KA Kalijaga memiliki itinerary pada pukul 05.20 yang berangkat dari Stasiun Solo dan turun di Stasiun Tawang sekitar pukul 08.08 WIB.

Sementara itu, penumpang akan berangkat dari Stasiun Poncol pukul 09.00 dan tiba di Stasiun Solo sekitar pukul 23.44. Keberangkatan kereta api ini memang tergolong pagi-pagi sekali dan tentunya akan semakin memudahkan perjalanan Anda. Perjalanan menggunakan KA Semarang Solo juga tidak memakan waktu lama, yaitu sekitar 3 jam perjalanan.

Kereta Kalijaga memiliki beberapa pemberhentian lain yang bisa memudahkan perjalanan Anda. Kereta Kalijaga melewati sekitar enam stasiun kecil, termasuk stasiun Salem, Gundih, Telawa, dan stasiun lainnya di jalur tersebut. Fasilitas yang disediakan juga tidak diperuntukkan bagi kereta ekonomi yang melayani perjalanan jauh.

Fasilitas umum seperti toilet, maka tentunya AC di dalam mobil dan stop kontak yang menyertai perjalanan anda tetap tersedia. Namun tentunya kursi kereta merupakan tempat duduk yang digunakan seperti kereta ekonomi lainnya yang tidak memiliki sekat khusus. Biasanya kursi diisi dengan sedikitnya dua orang di sebelah meja kecil di dekat jendela.

Jadwal KA Kalijaga 409 Rute Solo – Semarang

Stasiun Keberangkatan Kedatangan
Balapan Solo 05 : 20
Salem 05.41 05.43
Gundih 06.08 06.12
Poncol Semarang 08.15
Kedungjati 07.02 07.05
Telawa 06.40 06.43
Semarang Tawang 07.55 08.08

Daftar Harga Tiket Kereta Api Kalijaga

Pemesanan tiket kereta api kalijaga bisa secara online, bukan di situs PT KAI atau di Indomaret. Jangan lupa bahwa barang bawaan dan pengawasan Anda tidak akan ketinggalan atau tertukar dengan penumpang lain. Semoga jadwal dan KA Kalijaga memiliki kelebihan di tahun 2020 ini

Harga tiket KA Kalijaga terbaru relatif murah. KA Kalijaga merupakan salah satu KA ekonomi yang mensubsidi penumpang.

Karenanya, tarif atau tarif perjalanan sekitar Rp 10.000 per penumpang. Jadi jika Anda perlu naik kereta Kalijaga ke Semarang Solo, cobalah untuk memesan Tiket Kereta Solo Semarang terlebih dahulu untuk jadwal kereta pastinya.

Anda dapat memiliki tiket lebih awal jika Anda memiliki daftar perjalanan yang lengkap dan pasti. Tidak ada salahnya jika Anda merencanakan perjalanan jauh-jauh hari agar perjalanan Anda bisa menyenangkan.

Harga Tiket Kereta Kalijaga

Kisaran harga : Eksekutif  : Rp 10.000.

Informasi lebih lanjut mengenai harga tiket, rute dan jadwal waktu KA Kalijaga dapat dilihat Aplikasi Blibli.