Ruam merah yang muncul di kulit bahkan disertai dengan air di dalamnya bisa menjadi merupakan gejala dari penyakit cacar air. Penyakit yang satu ini pada dasarnya memang bisa menyerang siapa saja, mulai diantaranya adalah anak-anak sampai dengan orang dewasa karena infeksi oleh virus Varicella zoster. Sehingga menyebabkan penderitanya mengalami ruam yang disertai dengan rasa gatal tersebut. Meskipun bisa dikatakan sebagai penyakit ringan, apalagi sekarang sudah ditemukan vaksinasi untuk penyakit tersebut. Namun tetap saja terjangkit cacar air tetap menciptakan rasa yang tidak nyaman dalam beraktivitas, bahkan ini termasuk dalam jenis penyakit menular.

Penyakit cacar air jika tidak segera diobati nyatanya juga beresiko tinggi menyebabkan komplikasi yang serius, apalagi bagi penderita yang memiliki kekebalan tubuh cukup lemah seperti diantaranya adalah penderita HIV dan juga AIDS. Berikut ini diantara gejala awal dari penyakit tersebut yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Demam, penderita cacar umumnya akan merasakan suhu tubuh mengalami peningkatan, ini sebenarnya adalah gejala alami ketika sistem kekebalan tubuh berusaha untuk melawan virus yang menyerang.
  • Pusing, gejala lainnya yang juga akan dirasakan dari penderita cacar air adalah kepala pusing sehingga kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Lemas, tubuh juga akan terasa begitu lemas dan sulit untuk digerakkan.
  • Nyeri pada tenggorokan, kesulitan dalam menelan disertai dengan rasa sakit untuk berbicara karena tenggorokan juga terkena dampaknya.
  • Munculnya ruam merah, ruam merah pada penderita cacar ini biasanya disertai dengan rasa gatal, kemudian juga akan muncul air di bagian tengahnya. Jika seandainya digaruk akan menyebabkan luka, bahkan ada resiko tinggi ruam tersebut akan menular atau menjalar ke bagian-bagian tubuh yang lain.

Lalu jika sudah terkena penyakit cacar air tersebut bagaimana upaya untuk menyembuhkannya, berikut ini diantaranya pengobatan yang dapat diterapkan, yaitu:

  • Pastikan untuk tidak menggaruk area ruam atau bintik-bintik cacar tersebut, bagaimanapun juga seperti yang Anda ketahui, jika seandainya ruam merah ini sampai meletus atau mengeluarkan air, maka beresiko menular ke bagian tubuh yang lain. Lukanya juga akan membekas sehingga sulit untuk dihilangkan.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang bernutrisi, dengan makan makanan yang sehat maka akan membantu pemulihan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga nantinya proses penyembuhan juga berlangsung secara lebih cepat.
  • Gunakan pakaian yang berbahan lembut dan juga ringan, faktor pakaian ini sendiri juga sangat penting untuk diperhatikan, karena jika seandainya pakaian yang dikenakan tidak nyaman, tentunya akan menggesek luka cacar dan rentan membuatnya meletus. Jadi pastikan baju yang dipakai longgar, bahannya lembut tidak menyebabkan gerah.
  • Konsumsi obat yang diberikan oleh dokter secara teratur, tak kalah penting hendaknya Anda juga melakukan pengobatan ke dokter disertai dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan tersebut secara rutin, ini akan mempercepat penurunan suhu tubuh akan demam, begitu juga untuk mempercepat menghilangkan ruam cacar tersebut.

Di Indonesia sendiri sudah ada vaksinasi cacar yang diberlakukan oleh pemerintah, sehingga pastikan bahwa buah hati Anda sudah mendapatkannya. Ini membuat mereka nantinya lebih kecil resiko terkena penyakit cacar air. Hati-hati juga karena pada dasarnya penyakit kulit tersebut dapat ditularkan lewat udara, sehingga hendaknya menghindari kontak dengan mereka yang sedang menderita penyakit tersebut sehingga tidak akan tertular, jaga kebersihan.