Tips Membeli Obligasi Agar Untung

  • 2 min read
  • Jan 09, 2020
Tips Membeli Obligasi

Untuk mendapatkan sumber pendapatan alternative, makan obligasi bisa menjadi pilihannya. Obligasi sendiri memiliki dua jenis yaitu obligasi SUN (Surat Utang Negara) yang diterbitkan oleh pemerintah serta obligasi korporatif yang diterbitkan oleh perusahaan. Cara membeli obligasi dari kedua jenis ini sama namun memiliki keuntungan yang berbeda.

Baik Obligasi SUN dari pemerintah ataupun obligasi korporatif dari perusahaan memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Modal untuk memulai investasi obligasi ini juga tergolong tinggi. Anda harus menyiapkan dana minimal Rp.20 juta untuk bisa mulai berinvestasi.

Tips Membeli Obligasi agar Untung

Walaupun biaya yang dikeluarkan mahal, keuntungan yang didapat juga tergolong besar. Walaupun begitu investasi jenis ini juga tidak terlepas dari risiko. Oleh karena itu selain mengetahui cara beli obligasi, Anda juga harus mengetahui tips-tips membelinya agar keuntungan bisa didapatkan. Lalu apa saja tips untuk dalam membeli obligasi?

  1. Amati Rating Obligasi

Ketika akan diterbitkan, investasi obligasi ini biasanya akan mendapatkan rating atau peringkat yang dinilai oleh Lembaga independent. Beberapa Lembaga indepen di Indonesia yang menilai rating obligasi antara lain Moodys, Fitch Rating, dan juga Pefindo. Rating obligasi ini dibedakan kedalam dua kategori yaitu non investment grade bond dan juga investment grade bond. Obligasi yang layak akan mendapatkan rating investment grade bond.

  1. Perhatikan Faktor Likuiditas Pasar

Salah satu faktor penentu yang menentukan keuntungan obligasi adalah likuiditas pasar. Faktor ini sangat penting diperhatikan terutama jika investor berencana menjual kembali investasinya. Jika likuiditas baik, maka penjualan obligitas dengan risiko harga rendah bisa dihindari.

  1. Pilih Momentum yang Tepat

Keuntungan investasi obligasi juga bisa didapat jika pembeliannya dilakukan pada momentum yang tepat. Jika Anda ingin berinvestasi jangka panjang, maka perhatikan momentum kenaikan BI 7 days ago. Hal ini dikarenakan momentum ini bisa digunakan untuk membeli obligasi dengan harga terendah.

Keuntungan berinvestasi memang tidak bisa didapat secara instant. Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat, Anda mempelajari cara kerja reksadana dan jenis investasi yang lain. Jika ingin membeli produk investasi yang lebih praktis dan mudah, maka mengunjungi website https://id.tanamduit.com/ bisa menjadi pilihannya.