Hampir setiap orang memiliki masalah rambut kering, biasanya disebabkan karena rambut terlalu lama terpapar sinar matahari langsung. Penyebab lainnya karena kutikula rusak akibat terlalu sering menata rambut menggunakan pengering atau catok. Jika ini terjadi, harus segara memberikan perawatan rambut kering.

Terlebih lagi anda yang berkali-kali mengubah tampilan rambut dengan meluruskan, mengeriting, dan mengecat rambut harus menggunakan perawatan ekstra. Tujuannya menghindari resiko kerusakan rambut dan agar tidak cepat menua. Ingin rambut terlihat seindah model iklan shampo? Ikuti langkah berikut ini agar rambut terlihat berkilau, tebal, dan indah setiap saat.

Langkah Perawatan Rambut Kering Paling Ampuh

1.Cuci Rambut Selama Dua Hari Sekali

Banyak orang kebiasaan mencuci rambut setiap hari, sebenarnya bukan hal yang baik. Pasalnya, dapat mengurangi kelembapan rambut. Apalagi jika rambut anda normal dan tidak berminyak. Mencuci rambut cukup dua hari sekali menggunakan shampo dan kondisioner. Ketika berkeramas sebaiknya tidak menggaruk kulit kepala dan menggosok rambut.

2.Gunakan Produk Perawatan Terbaik

Bagi rambut kering perlu perawatan khusus dari shampo, konditioner, dan gel yang mengandung kadar pH rendah. Tujuannya supaya kelembapan rambut  tetapi terjaga seperti dari produk Kerastase. Pilih perawatan yang kaya akan nutrisi rambut misalnya mengandung minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak argan.

3.Rutin Menggunakan Masker Rambut

Kelembapan rambut dapat terjaga dan menghindari kondisi kering dengan menggunakan masker secara rutin. Gunakan masker rambut minimal satu minggu sekali untuk hasil optimal. Oleskan masker pada setiap batang rambut dan diam selama 30 menit lalu bilas.

Masker rambut dipercaya efektif menjaga kesehatan rambut dan merilekskan otot kepala. Disamping itu, aroma khas dari masker membuat rambut menjadi lebih wangi dan tahan lama.

4.Potong Ujung Rambut

Jika rambut anda kering kemungkinan besar ujungnya rusak dan bercabang. Oleh sebab itu, anda dapat memotong ujungnya saja secara rutin. Sehingga pertumbuhan rambut anda tidak terganggu dan tetap sehat.

Pemotongan ujung rambut efektif dilakukan setiap dua hingga tiga bulan sekali. Dapat memotong rambut di salon ataupun memotong sendiri ujungnya di rumah. Pemotongan ujung rambut sebaiknya menggunakan gunting yang didesain khusus seperti di salon.