Orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan candi Buddha terbesar di dunia yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Bukan hanya terkenal di antara masyarakat Indonesia, namun Candi Borobudur juga telah menjadi salah satu tempat wisata yang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara.

Jika kamu berencana untuk berlibur ke Jogja, jangan lupa mampir ke Candi Borobudur, ya! Dengan jarak yang cukup dekat sekitar 1,5 jam dan harga tiket masuk yang tidak terlalu mahal, kamu sudah bisa berfoto di situs bersejarah dunia dan belajar banyak, lho.

Namun sebelum pergi ke tempat eksotis ini, simak dulu sedikit ulasan tentang sejarah Candi Borobudur, cara menuju ke sana, dan harga tiket masuknya di bawah ini, kuy!

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800-an masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Hingga kini, candi umat Buddha ini masih menjadi yang terbesar di dunia dan diakui oleh UNESCO.

Megahnya arsitektur dan luas Candi Borobudur, serta sejarahnya yang sangat mengagumkan, menjadikan candi ini ramai dikunjungi oleh para turis, khususnya orang-orang Buddha dari Cina, Tibet, Kamboja, dan India untuk mempelajari situs bersejarah ini.

Dihiasi oleh 2672 relief sepanjang 6 kilometer, relief tersebut terbagi menjadi 4 kisah yaitu Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awanda, serta Gandawyuha, menjadikannya candi dengan koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia.

Selain itu, ada 504 arca Buddha dan 3 tingkat stupa yang memiliki makna spiritual dalam kosmologi Buddha, yaitu Kamadhatu (ranah hawa nafsu), Rupadhatu (ranah berwujud), dan Arupadhatu (ranah tak berwujud).

Selain menjadi situs bersejarah, Candi Borobudur kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan umat Buddha saat memperingati Hari Waisak dan ritual-ritual keagamaan lainnya. Jadi, untuk kamu yang belum kesini, wajib banget berkunjung untuk memperkaya pengetahuan sejarah!

Cara Menuju ke Candi Borobudur

Pergi ke Candi Borobudur paling gampang memang dengan mengendarai kendaraan sendiri. Baik itu naik motor ataupun mobil, dari Jogja kamu hanya perlu menempuh waktu sekitar 1,5 jam ke arah Magelang untuk sampai di situs bersejarah ini.

Untuk para backpackers, jangan khawatir! Banyak juga cara menuju Candi Borobudur dengan kendaraan umum. Ada 4 titik keberangkatan kendaraan umum paling mudah menuju candi, namun akan memakan waktu kurang lebih 2-3 jam, tergantung jadwal keberangkatan dan kondisi lalu lintas.

1. Dari Bandara Adisucipto

Jika kamu datang menggunakan pesawat dari luar kota dan ingin langsung pergi ke Candi Borobudur, kamu bisa menggunakan bus Damri rute Bandara Adisucipto – Borobudur. Penjualan tiket bus terletak di dekat area parkir utara bandara.

Dengan tiket Rp75.000, kamu mendapatkan layanan bus ber-AC, lho! Dijamin nyaman dan nggak bikin capek. Shuttle bus ini akan berhenti di dekat pintu masuk candi, jadi nggak perlu repot-repot untuk cari kendaraan lagi. Untuk rute pulang, kamu bisa kembali ke tempat asal ketika datang.

2. Dari Stasiun Tugu

Titik keberangkatan kedua adalah dari Stasiun Tugu menuju langsung ke Candi Borobudur dengan menggunakan layanan bus Damri. Tiket bisa kamu dapatkan di arah pintu keluar stasiun, dengan biaya yang sama seperti dari bandara, yaitu Rp75.000.

Namun sesampainya di Magelang, kamu harus turun di pertigaan Palbapang lalu menaiki shuttle bus ke Borobudur. Bus Damri dari Stasiun Tugu pun tidak beroperasi setiap jam, maka sebaiknya jangan lupa cek jadwal keberangkatan sebelum pergi, ya.

3. Dari Terminal Giwangan

Ada 2 bus reguler yang akan membawa kamu ke Candi Borobudur dari Terminal Giwangan, yaitu Cemara Tunggal dan Ragil Kuning. Harga tiket bus untuk wisatawan lokal adalah Rp20.000 sedangkan untuk turis asing adalah Rp30.000.

Dengan bus non-AC 27/28 seats, bus ini menuju Borobudur melewati Terminal Jombor dan Terminal Muntilan. Jadwal keberangkatan tersedia setiap 30-40 menit dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Rute ini cocok banget untuk backpacker yang traveling on a budget!.

4. Dari Malioboro

Tidak ada rute langsung dari Malioboro ke Borobudur, namun pilihan tercepat dan terdekat adalah menuju ke Stasiun Tugu Yogyakarta dengan berjalan kaki kemudian naik bus Damri menuju Candi Borobudur seperti yang telah dijelaskan di rute pertama.

Alternatif kedua adalah naik Trans Jogja rute 1A ke arah Bandara Adisucipto kemudian melanjutkan perjalanan langsung ke Candi Borobudur dengan bus Damri. Jadwal keberangkatannya tersedia setiap jam dari pukul 07.00 hingga pukul 21.00.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Untuk kamu yang masih bertanya-tanya tentang harga tiket masuk Candi Borobudur terbaru, di sini kamu bisa menemukan jawabannya. Selain bujet kendaraan menuju Borobudur yang harus kamu pertimbangakan, tentunya harga tiket masuk pun akan menjadi perhatianmu.

Jangan khawatir karena harga tiket masuk wisata Candi Borobudur sangat terjangkau kok untuk kamu, sehingga cocok untuk menjadi tujuan wisata bersama keluarga atau teman-teman. Cek daftar harganya di bawah ini!.

Umum              : Rp50.000

Anak-anak        : Rp25.000

Foreigner          : 30 USD

Gimana? Untuk wisatawan lokal, sangat terjangkau, bukan? Selain itu, jika kamu datang sebagai rombongan pelajar atau mahasiswa, dengan minimum total rombongan 20 orang, ada harga khusus juga dengan menyertakan surat keterangan dari sekolah atau universitas.

Makin banyak makin terjangkau, liburan pun akan semakin menyenangkan. Jadi, jangan lupa untuk ajak teman-temanmu berkunjung bersama ke situs bersejarah Indonesia yang terkenal ini, ya!.